.

Komputer Tertua di Dunia Berhasil Dihidupkan Kembali

Posted by MestiLiat on Sunday, December 9, 2012

Komputer digital tertua yang pernah dioperasikan di dunia dipamerkan di Museum Nasional Kumputer di Inggris. Komputer berbobot 2,5 ton ini berhasil dihidupkan lagi setelah upaya pembenahan selama tiga tahun.

Pada 1950-an, komputer ini digunakan sebagai pendukung kerja pada program penelitian energi atom Inggris Raya. Komputer yang telah 15 tahun mendekam di gudang kota ini ditemukan secara tidak sengaja.

Laman BBC, Selasa 20 November 2012, memberitakan komputer raksasa ini dipamerkan ke publik secara resmi di Museum Nasional Komputer (TNMOC) di Bletchley Park, pada 20 November 2012. Pembukaan pameran ini dihadiri oleh sejumlah pencipta, staf yang pernah mengoperasikan, dan siswa yang memrogram komputer ini.

Desain dan konstruksi komputer ini dibangun pada 1949. Dibuat untuk ilmuwan yang bekerja pada pembangunan penelitian energi atom Inggris di Harwell, Oxfordshire. Awalnya, komputer ini diciptakan untuk meringankan tugas penghitungan secara elektrik yang sebelumnya dilakukan dengan menambahkan mesin.

Mesin ini pertama kali dioperasikan pada 1951 dan dikenal dengan Harwell Dekatron. Meski bekerja dengan lambat--mesin ini memerlukan waktu 10 detik untuk mengalikan dua angka--mesin ini terbukti sangat handal dan sering bekerja selama 80 jam dalam seminggu.

Pada 1957, mesin ini digantikan dengan komputer yang lebih cepat dan lebih kecil. Mesin ini kemudian dipindahkan ke Wolverhamton dan Stamfordshire Technical Collage (sekarang Universitas Wolverhampton). Di tempat baru ini, mesin tersebut digunaan untuk mengajar pemrograman dan mulai disebut dengan Witch (nenek sihir).

Pada tahun 1973, mesin ini disumbangkan ke Museum Ilmu Pengetahuan dan Industri di Birmingham. Di tempat ini, komputer tersebut ditampilkan selama 24 tahun sampai 1997. Saat museum tersebut tutup, mesin komputer ini dipindahkan ke gudang.

Secara kebetulan, salah satu pegawai di TMNOC, Kevin Murell, melihat foto komputer yaang diambil oleh seorang kolektor yang tengah mencari komponen mesin di sebuah toko. Murell mengaku semasa muda, dia sering melihat mesin komputer ini di museum.

Setelah itu, mesin komputer ini ditemukan pada sebuah gudang penyimpanan dan selanjutnya dipindahkan ke museum di Bletchley. Pembenahan kemudian dilakukan untuk menghidupkan kembali mesin komputer kuno ini.

Upaya pembenahan dipimpin oleh Delwyn Holroyd. Dia mengatakan mesin komputer ini benar-benar kotor saat baru tiba di museum. Namun, secara fisik, mesin komputer ini tidak mengalami banyak kerusakan. Tim yang melakukan pembenahan ini berusaha melakukan penggantian komponen sesedikit mungkin. Sebagian besar bagian komputer, termasuk 480 relay dan 828 tabung Dekatron, masih asli.

{ 4 comments... read them below or add one }

Unknown said...

ninest123 16.03
longchamp outlet, uggs on sale, uggs on sale, uggs outlet, oakley sunglasses, louboutin uk, nike air max, louis vuitton outlet, michael kors outlet, louis vuitton handbags, nike free, tiffany jewelry, michael kors outlet online, tiffany jewelry, michael kors outlet online, replica watches, oakley sunglasses, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, cheap jordans, nike air max, louis vuitton outlet online, oakley sunglasses, burberry outlet, ralph lauren outlet, christian louboutin, uggs outlet, michael kors, burberry factory outlet, ralph lauren polo, christian louboutin, ray ban sunglasses, michael kors handbags, gucci handbags, replica watches, longchamp outlet, prada outlet, tory burch outlet, louis vuitton outlet, cheap oakley sunglasses, uggs on sale, louboutin shoes, prada handbags, longchamp bags, nike outlet, louis vuitton, michael kors outlet online, ray ban sunglasses

Unknown said...

michael kors outlet online, polo ralph lauren uk, ralph lauren pas cher, nike air max, michael kors uk, hermes pas cher, true religion outlet, true religion jeans, polo lacoste pas cher, coach purses, coach outlet store online, north face pas cher, lululemon outlet, true religion outlet, lunette ray ban pas cher, hogan sito ufficiale, nike blazer pas cher, nike roshe uk, michael kors, timberland pas cher, nike air max pas cher, true religion outlet, burberry pas cher, nike roshe run pas cher, lunette oakley pas cher, nike tn pas cher, nike air max uk, abercrombie and fitch, nike air force, new balance, jordan pas cher, replica handbags, north face uk, ray ban uk, michael kors, nike air max uk, sac guess pas cher, converse, hollister uk, vans pas cher, louboutin pas cher, longchamp soldes, longchamp pas cher, nike free pas cher, mulberry uk, coach outlet, nike free, vanessa bruno pas cher, abercrombie and fitch UK

Mai said...

المغربي
بناء شلالات في الشارقة
تصميم شلالات في الشارقة
خدمات الشارقة

الفارس كلين said...

شركه تنظيف منازل بالنعيريه
شركه تنظيف منازل بالخغجى
شركه مكافحه حشرات بالخفجى
شركه تنظيف كنب بالخبر
شركة تنظيف خزانات بجازان
شركة عزل اسطح بالدمام
شركة تركيب طارد حمام بالدمام
شركة تنظيف بالدمام
عمال تنظيف بالدمام الفارس كلين
شركه تنظيف بالدمام امتياز تنظيف منازل موكيت وكنب وسجاد وشقق وفلل وتنظيف خزانات وتعقيم وتنظيف مكيفات

Post a Comment

Apa Komentar kalian? -,- tulis dimari ye..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MestiLiat di Kategori yg sama ^<^