.

Jalur Kereta Api Bawah Laut Pertama di Dunia :cool

Posted by MestiLiat on Wednesday, June 29, 2011

Jalur Kereta Api Bawah Laut Pertama di Dunia-Anda-anda semua pasti pernah berfikir. Kira-kira bisa ngga yahh kita nyebrang pulau pake kereta.
Kayak dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, atau jawa ke bali, atau bahkan dari kalimantan ke bali, mungkin kalo beberapa tahun kebelakang itu masih mustahil dibikin. Tapi sekarang itu mungkin aja bisa, soalnya di Inggris sana udah dibikin yang nama nya Chunnel atau channel tunnel.
Bayangin aja...
Mereka ngebuat terowongan bawah laut buat jalur kereta yang bisa ngebawa macem-macem dari inggris ke prancis atau sebalik nya. Terowongan ini Menjadi terowongan terpanjang kedua di dunia dengan panjang keseluruhan nya 50.45 KM (39 km nya ada di bawah laut Gan...)

Ide menghubungkan Perancis dengan Inggris dimulai sejak 2 abad yang lalu. Namun, baru pada tahun 1987dibuat rencana pembangunan terowongan bawah laut terpanjang di dunia yang akan menghubungkan

Calais di Perancis ke Folkestone di Inggris.

Penggalian terowongan mempekerjakan 15.000 orang selama tujuh tahun yang dilakukan secara simultan dari kedua ujung.

Begini nih Struktur dari terowongan nya Bener-bener ada di bawah laut...

Coba
kita cek teknologi nya..


Jadi menurut gambar di atas...

Eastbound Tunnel
Ini terowongan buat kereta yang mengangkut penumpang dan kendaraan..

Wesbound Tunnel
Nahh klo yang ini buat kereta barang...

Piston Reliefs Ducts
Klo ini berfungsi sebagai saluran udara gan Supaya tekanan udaranya tetep bisa di kontrol...
wajar yahh di bawah laut pasti tekanan nya tinggi banget.
Service Tunnel
klo yang ini fungsinya untuk lalu lalang petugas mengontrol jalur kereta nya sekaligus jd jalur darurat buat para penumpang klo terjadi apa-apa sama kereta atau jalur nya.
Ini dia pic-pic saat saat pembangunan nya. silahkan disimak !!

Ini dia alat bor nya.. Dahsyat ya? gede banget !!
Mesin yang digunakan untuk membuat terowongan adalah Tunnel Boring Machine (TBM) yang sangat besar, memiliki kemampuan bor 76,2 m per hari dan memiliki kombinasi fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor & mesin pengeruk.
Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris & secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam . Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus.

Jarak tempuh yang bisa di tempuh kereta ini dari inggris ke perancis cuma dalam 39 Menit. Kereta ini juga ngak cuma bisa ngangkut orang tp juga kendaraan bermotor.

Nah dari informasi yang gue dapet untuk bikin yang kaya beginian ngabisin dana $ 15 milyar, nahh klo di rupiahin sekitar 14 Triliun rupiah...!!!


Kira-Kira kapan yahh
Indonesia bisa bikin yang beginian??
Suramadu ajah baru di bangun langsung pada di colongin baut jembatan nya, gimana kalo ini...!?!?

{ 4 comments... read them below or add one }

chenlina said...

chenlina20160726
beats by dr dre
nike air max
ralph lauren outlet
kate spade
asics shoes
nike outlet store
louis vuitton outlet
louis vuitton handbags
coach factory outlet online
coach outlet
air force 1
ralph lauren outlet
ghd flat iron
nike free run
coach outlet clearance
tory burch outlet
adidas uk
gucci outlet
louis vuitton outlet
nike air max
coach outlet store online clearances
gucci belts
coach outlet
michael kors purses
jordan retro
kobe bryant shoes
michael kors
mont blanc fountain pens
louis vuitton outlet
oakley sunglasses
louis vuitton handbags
ray ban sunglasses
adidas ultra boost
nike factory outlet
coach outlet store online
michael kors outlet
ralph lauren polo
oakley outlet
rolex watches
lebron shoes
as

Gege Dai said...

fitflops shoes
polo ralph lauren
michael kors handbags
north face outlet
cheap snapbacks
dior sunglasses
ed hardy clothing
longchamp solde
louis vuitton uk
michael kors factory outlet
20161207lck

chenmeinv0 said...

ugg zurich
nike air force 1 high
coach outlet
fitflops sale
cartier sunglasses
ugg boots
canada goose clearance
canada goose outlet
cheap snapbacks hats
polo ralph lauren
2017.10.30xukaimin

dong dong23 said...

mac cosmetics
hollister
north face
adidas superstar
coach outlet
cheap jordans
ugg boots
michael jordan
moncler
mac make up
2017.11.9chenlixiang

Post a Comment

Apa Komentar kalian? -,- tulis dimari ye..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MestiLiat di Kategori yg sama ^<^