.

Perjalanan hidup Michael Jackson

Posted by MestiLiat on Thursday, July 21, 2011

Michael Jackson, salah satu artis terkenal pada abad ini yang dijuluki “Raja Pop”, meninggal dunia pada Kamis (25/6) setelah terkena serangan jantung.

29 Agustus 1958


Michael Jackson lahir di Gary, Indiana. Dia anak ketujuh dari Joseph dan Katherine Jackson.


1963


Pada usia lima tahun, Michael muda menunjukkan bakat sebagai penyanyi hebat. Dia dan keempat saudaranya mulai tampil bersama dalam grup Jackson 5 dan sang ayah sebagai manajer.


1968


Motown Records memboyong Jackson 5 dan keluarganya ke Los Angeles, California. Single pertama mereka “I Want You Back” dirilis pada November 1969.


1970


Jackson 5 kemudian menelurkan album hit termasuk “ABC”, “The Love You Save”, dan “I’ll Be There”. Michael yang saat itu berusia 11 tahun mulai muncul sebagai superstar.


1975


Jackson 5 meninggalkan Motown dan beralih ke Epic Records. Mereka mengubah nama grup menjadi Jacksons dan tetap melejit dengan lagu-lagu mereka, termasuk “Enjoy Yourself” dan “Shake Your Body (Down to the Ground)”.


1979


Michael Jackson merilis album solo Off the Wall. Diproduksi Quincy Jones, album itu terjual lebih dari 7 juta kopi, termasuk lagu andalan adalah “Don’t Stop Til You Get Enough” dan “Rock with You”.


1982


Jackson menjadi superstar dengan merilis album solo kedua, Thriller. Dengan lagu andalan dan video klip dalam lagu “Billie Jean” dan “Beat It”, menjadikan album ini paling laris sepanjang masa.


1984


Thriller meraih nominasi delapan Grammy Awards dan delapan nominasi itu akhirnya dimenangi.


Februari 1993


Jackson tampil dalam Oprah Winfrey Show dan menjelaskan mengapa dia mengubah kulitnya menjadi putih. Dia juga menceritakan betapa ayahnya sering memukulinya saat masih kecil dan dia menjadi takut terhadap sang ayah.


Agustus 1993


Seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun yang dikenal sebagai teman Jackson menuduhnya melakukan pelecehan seksual berkali-kali selama lima bulan di ranch Jackson di Encino, California. Jackson kemudian digugat di pengadilan.


12 November 1993


Jackson membatalkan konsernya. Disebutkan dia kecanduan obat pembunuh rasa sakit. Dia mengatakan menjadi pecandu obat pembunuh rasa sakit setelah menjalani rehabilitasi pascaoperasi, sebuah prosedur yang dia butuhkan setelah rambutnya terbakar ketika syuting iklan pada 1984.


25 Januari 1994


Jackson membayar sejumlah uang damai untuk menghentikan gugatan. Keluarga bocah itu awalnya meminta 20 juta dollar AS. Jackson memberi antara 10 juta dollar AS dan 20 juta dollar AS.


18 Mei 1994


Jackson menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley.


18 Januari 1996


Jackson dan Presley bercerai setelah dua tahun menikah.


15 November 1996


Jackson menikahi Debbie Rowe, seorang perawat yang dilaporkan mengandung anak Jackson dalam proses inseminasi. Putra Jackson, Prince Michael Jackson Jr, lahir pada 12 Februari 1997. Pasangan ini juga memiliki anak perempuan, Paris Michael Katherine pada 3 April 1998.


8 Okotober 1999


Jackson dan Rowe bercerai dan Jackson mendapat penguasaan penuh mengasuh anak-anak.


November 2002


Jackson dihujat karena mengayunkan anaknya di pinggir balkon lantai kempat rumahnya untuk mempertontonkan anaknya kepada fans.


18 November 2003


Puluhan polisi menggeledah rumah Jackson. Ia kembali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.


13 Juni 2005


Juri menyatakan Jackson tidak bersalah.


5 Maret 2009


Jackson mengumumkan akan tampil sekitar 10 menit pada Juli di London’s 02 Arena. Dia mengatakan itu adalah konser terakhirnya.


10 Mei 2009


AEG live mengumumkan sejumlah konser di London itu ditunda.


25 Juni 2009


Los Angeles Coroner’Office membenarkan Jackson meninggal dunia karena serangan jantung. Brian Oxman, pengacara keluarga Jackson, mengatakan, Jackson ambruk di rumahnya di Los Angeles, California.


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Apa Komentar kalian? -,- tulis dimari ye..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MestiLiat di Kategori yg sama ^<^