.

Tips Mendapatkan Potongan Rambut Keren

Posted by MestiLiat on Friday, July 22, 2011


Andai saja mendapatkan potongan rambut keren semudah seperti saat menunjuk salah satu gambar model rambut di majalah sambil berkata,"Saya ingin model yang ini."
Namun, seperti yang kita ketahui bersama, seringkali mencari model rambut yang tepat tidak semudah itu. Untuk memastikan agar Anda tidak berakhir dengan kasus salah potong atau salah model, maka ikuti beberapa tips berikut.

Cari salon atau tukang potong yang terkenal bagus.

Hal pertama yang harus Anda kejar tentunya adalah tukang potong yang bagus. Jika Anda melihat potongan rambut teman Anda bagus, maka jangan segan untuk bertanya siapa yang memotong rambutnya.

Jangan asal pilih salon atau tukang potong hanya karena harganya yang murah atau tempat yang dekat. Lebih baik Anda membayar sedikit lebih mahal atau pergi lebih jauh, jika memang di tempat itu, Anda bisa mendapatkan potongan rambut dengan hasil yang maksimal.

Jangan berpatok pada foto atau model rambut di majalah.

Meski menunjukkan contoh potongan rambut lewat foto atau gambar merupakan cara termudah untuk mengungkapkan model rambut yang Anda inginkan, namun tak berarti bahwa Anda selalu cocok dengan model tersebut.

Setelah Anda menunjukkan model rambut incaran, maka mintalah pendapat tukang potong, apakah kira-kira dengan bentuk wajah Anda yang sekarang, potongan tersebut bisa tampak bagus. Jika kurang pas, maka biarlah tukang potong Anda yang membuatnya sehingga bisa tampak pas di wajah Anda dengan sedikit modifikasi dari keahlian mereka. [break]

Hindari membaca majalah saat rambut dipotong.

Percaya atau tidak, kursi di salon bukanlah tempat yang pas bagi Anda untuk membaca tabloid-tabloid gosip tersebut. Sebab selain bisa membuat keseimbangan tubuh jadi labil, akibat bergerak sana-sini, Anda juga perlu menjaga posisi kepala tetap stabil dan lurus.

Hindari juga penggunaan handphone atau melipat kaki saat duduk agar rambut mendapatkan potongan simetris terbaiknya berkat keseimbangan posisi tubuh saat dipotong.

Jangan terlalu banyak bicara.

Banyak wanita mengeluh karena potongan rambutnya tidak seperti yang ia inginkan, ada cacat di sana-sini. Dan, mereka cenderung mengklaim bahwa itu dikarenakan tukang potong tersebut kurang ahli. Padahal, hal tersebut bisa saja terjadi akibat kesalahan diri sendiri yang mungkin terlalu banyak bicara atau bertanya pada hair stylish saat ia sedang bekerja.

Tak mengapa sebenarnya jika Anda bertanya sesekali pada tukang potong, namun jika terlalu banyak bertanya, maka konsentrasi tukang potong bisa terganggu, dan hasilnya potongan rambut pun jadi tidak maksimal. [break]

Beri penjelasan yang jelas.

"Bagaimana rambut Anda ingin dipotong?"
"3 cm saja"

Penjelasan di atas tidaklah cukup jelas untuk menggambarkan model rambut yang Anda inginkan. Sebab persepsi antara klien dan tukang potong tentang model rambut bisa berbeda. Jadi, katakan dengan detail apa yang Anda inginkan bagi rambut Anda, misalnya dipendekkan 3 cm, dengan layer pada bagian samping, plus penambahan poni.

Terimalah diri Anda.

Ini berbicara tentang seberapa rajin dan telaten Anda untuk menata rambut. Ada wanita yang rela menghabiskan waktu lama untuk merawat dan menata rambutnya, namun ada yang tidak. Anda harus jujur dan menerima diri sendiri.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah potongan rambut baru Anda membutuhkan waktu yang lama atau sebentar untuk mengaturnya?

Apakah Anda 'sanggup' memelihara potongan baru rambut Anda? Jika ya, maka lanjutkan niat Anda untuk memperoleh model rambut tersebut. Namun, bila tidak, maka carilah model rambut yang sesuai dengan tingkat ketelatenan Anda. [break]

Perhatikan produk atau tawaran yang direkomendasikan.

Bukan hal yang mengejutkan bila sebagian salon merangkap dirinya sebagai toko. Tawaran bisa mengalir saat Anda datang ke sana untuk membeli atau menggunakan berbagai produk yang diperdagangkan oleh mereka, apalagi bila rambut dan kulit kepala Anda cukup bermasalah.

Namun, ingatlah, bahwa Anda tidak harus mengiyakan semua tawaran mereka. Selektiflah dalam memilih produk yang mereka tawarkan, apalagi bila kantong Anda sedang tipis. Jika semuanya tidak sesuai selera Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda membawa sendiri produk perawatan rambut milik sendiri.

Beri waktu bagi yang baru.

Mungkin awalnya akan mengejutkan dan terasa kurang nyaman bagi Anda saat mendapati bahwa model rambut Anda berubah total. Namun, beri waktu, setidaknya seminggu bagi diri Anda untuk menyesuaikan diri dengan potongan yang baru.

Pendapat orang lain bisa membuat Anda bingung, sebab bisa jadi ada yang memuji, namun ada pula yang protes.

Jika selama seminggu ke depan Anda tetap tidak nyaman dan kurang suka dengan model rambut terbaru Anda, maka segera hubungi tukang potong Anda untuk mendapatkan potongan baru lainnya.

Tentu saja, hal ini berlaku bila rambut Anda cukup panjang untuk dipotong lagi. Bila tidak, maka tunggulah beberapa waktu hingga rambut memanjang dan bisa dipermak kembali. [break]

Ungkapkan kekecewaan dengan benar.

Model rambut Anda sama sekali tak seperti yang Anda harapkan. Daripada mengeluh dan menyalahkan tukang potong, maka lebih baik carilah solusinya.

Jika Anda masih ingin ia memperbaiki rambut Anda, maka ungkapkan dengan jelas detail-detail yang Anda inginkan. Namun, bila tidak, beranjaklah dari tempat itu dengan sopan, dan carilah salon lain. Jangan kembali ke salon atau tukang potong yang menurut pengalaman Anda tidak bisa memuaskan Anda.

Namun, ingatlah bahwa kecelakaan yang terjadi pun bukanlah serangan pribadi yang patut dibesar-besarkan, ini hanya masalah salah potong atau kesalahan teknis.

Jika tak bisa diperbaiki dalam waktu dekat...

Siapa yang tidak pernah mengalami yang namanya salah potong?! Mungkin hampir semua orang di dunia ini pernah mengalaminya. Jadikan pengalaman tersebut sebagai pengalaman yang membuat Anda lebih berani untuk menghadapi dunia luar.

Cobalah memetik sisi positifnya. Mungkin Anda jarang tampil dengan rambut pendek, Anda bisa juga berkreasi dengan memodifikasi rambut. Anda tidak pernah tahu bila tidak mencoba bukan?!

Daripada mengeluh, terima dan syukuri pengalaman ini sebagai salah satu pengalaman yang lucu dalam sejarah hidup Anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MestiLiat di Kategori yg sama ^<^